Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBUDAYAWOW, MASJID ABU BEUREUEH MONUMEN RELIGI BERBALUT SEJARAH DI PIDIE

WOW, MASJID ABU BEUREUEH MONUMEN RELIGI BERBALUT SEJARAH DI PIDIE

Sigli – Hallo Sobat Wisata, bulan Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan silaturrahmi dan juga sebuah perjalanan kita memperbaiki diri. Bagi kalian yang suka melakukan perjalanan, khususnya di Pidie. tentu wajib mengunjungi Masjid Abu Beureueh, yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Masjid Abu Beureuh, juga merupakan Masjid bersejarah di Pidie, selain orang yang menjadi bagian dari Kemerdekaan Indonesia, pejuang sekaligus Ulama Aceh tersebut juga pernah menjadi Gubernur Militer Aceh dan sangat kharismatik dimata masyarakat.

Masjid tersebut berada dipinggiran Jalan Banda Aceh –Medan, tepat di Kota Beureunuen, Mutiara. Masjid ini tidak banyak berubah dari awal pertama dibangun oleh sang pahlawan, ciri khas masa lampau masih sangat Kental dilihat dari luar masjid, hanya sedikit yang berubah yakni kubahnya saja.

Didepan Masjid, pengunjung dapat langsung berziarah makam sang ulama. Sementara fasilitas masjid sekarang ini semuanya serba modern, sehingga membuat nyaman para pengunjung dan jamaah. Apalagi, kini telah dibngun Menara besar mirip menara di masjid timur tengah yang sangat indah.

Untuk pengunjung, Masjid tersebut tak diragukan lagi jumlahnya, selain menjadi tempat ‘wajib’ singgah para traveler, apalagi menuju musim mudik lebaran tahun ini. Mungkin bagi kalian yang tahu, masjid ini harus menjadi salah satu daftar singgah perjalanan mudik kalian.

Untuk kalian yang menjalankan ibadah puasa, Masjid Abu Beureueh juga menyediakan takjil dan menu berbuka gratis selama bulan ramadhan kepada masysrakat dan jamaah yang berbuka di masjid.

Diketahui, Tgk Muhammad Daud Beureueh atau dikenal dengan Abu Beureueh, merupakan salah satu pahlawan Kemerdekaan Indonesia di Aceh, bahkan dia pernah menjabat sebagai Gubernur Militer Sumatera. Selain itu, pria yang lahir pada 15 September 1899, juga pernah menjadi salah satu tokoh pemberontakan DI/TII di Indonesia dan tokoh PUSA (Persatuan Ulama Seluruh Aceh)

BACA JUGA  Intip Keindahan Savana Glee Taleuk, Padang Rumput Cantik Rasa Selandia Baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Most Popular