Minggu, Juli 21, 2024
BerandaLINGKUNGANPesona Manja Danau Tang-Tang Pidie

Pesona Manja Danau Tang-Tang Pidie

Sigli – Pesona Kabupaten Pidie, seakan tak pernah habis dengan keindahannya. Salah satunya lagi, daerah paling ujung pengunungan Pidie, Geumpang.

Daerah ini, memang memiliki perbedaan sendiri dengan kawasan wisata lain di Pidie. Jika Tangse, memiliki pesona air terjun yang melimpah, Geumpang memiliki Danau yang wajib dikunjungi oleh wisatawan penyuka alam liar, namanya Danau Tange-Tang, orang lokal menyebutnya Kulam Tang-Tang, ada juga Kulam Sitang-Tang. Danau ini memiliki luas diperkirakan mencapai 160 hektar, berada diketinggian 1800 Meter diatas permukaan laut (Mdpl). Danau tersebut terletak dalam kawasan Gampong Pucok, kecamatan Geumpang.

Danau ini sangat direkomendasi bagi para penyuka petualangan alam bebas, penyuka Camping dan fotografi.

Lokasinya terlerak 80km dari Kota Sigli, dengan akses jalan nasional menuju kota kecamatan yakni Bangkeh. Dari sini, para traveller dapat menggunakan sepeda motor khusus atau mobil khusus pendakian yang disewakan oleh warga setempat. Dari Pucok, menuju titik akhir trasnportasi, memakan waktu sekitar 15-20 menit, kemudian kita dapat melakukan perjalanan setapak menuju danau selama 15 menit, tentu bukan hal yang merepotkan bagi yang terbiasa melakukan tracking.

Hasil dari perjalanan tersebut, kalian dapat melihat langsung, danau yang dikelilingi hutan tropis kabupaten Pidie. air yang bersih dan jernih, serta dibalut hutan dan burung-burung liar, jelas akan memanjakan suasana outdoor para wisatawan. Mengapa tidak, kalau kita camping dilokasi danau, saban pagi dan sore, kita dapat langsung melihat satwa liar, seperti Rangkong paruh kuning yang menjadi salah satu burung penghuni kawasan danau. Selain itu, beragam jenis primata juga masih hidup bebas dikawasan tersebut, ditambah lagi danau tersebut memiliki banyak ikan air tawar seperti ikan nila dan emas.

BACA JUGA  Pemkab Pidie Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII

Sebab, Pemerintah Aceh, pernah menaburkan benih ikan emas dan nila di danau tersebut tahun 2009 silam.
Adapun, keindahan malam di Danau tersebut jika kondisi cerah, sangatlah indah.

Bagi penyuka fotografi, selain spot pemandangan dan hutan yang megah, jenis Milkyway atau gugusan bintang, danau Tang-Tang, rekomendasi spot foto terbaik.

Kadisparpora Pidie, Edy Saputra, merekomendasikan Danau Tang-Tang, adalah potensi wisata yang menjanjikan. Khususnya lagi bagi pecinta alam dan penggiat alam bebas.

“Pidie itu memiliki banyak potensi yang tak kalah dengan wilayah lain di Indonesia. Pengembangan pariwisata berbasis konservasi atau kesadaran lingkungan, merupakan konsep utama dalam pembangunan wisata alam disini. Mengingat, potensi alam Pidie banyak disektor wisata alam,” Ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Most Popular