Minggu, Juli 21, 2024
BerandaNewsPemkab Pidie Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII

Pemkab Pidie Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII

Sigli – Penjabat (Pj) Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam Peringatan Upacara Hari Otonomi Daerah ke XXVIII Tahun 2024 yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie di Lapangan Tengah Kantor Bupati Pidie. Kamis, 25/04/2024.

Tahun ini, Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”. Tema ini dimaksud untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seuruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Pj Bupati Pidie membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian. Dalam amanatnya, Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan bahwa pemerintah daerah secara eksisting dihadapkan pada hambatan dan tantangan dalam pembangunan daerah untuk mendorong program pembangunan nasional, meliputi penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, peningkatan pelayanan publik yang berkualitas melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), percepatan proses pemulihan perekonomian nasional maupun daerah serta ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat menargetkan tahun 2024 angka stunting anak turun menjadi 14% secara nasional. Oleh karena itu, ia mengatakan, dalam hal ini diperlukan peningkatan koordinasi dan sinergitas seluruh jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya menekan angka stunting.

Melalui amanat yang dibacakan oleh Pj Bupati Pidie, Mendagri menghimbau kepada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses insfrastruktur belum baik, agar kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran efektif dan efisien.

BACA JUGA  Po Teumeuruhom Busu, Masjid Sultan Aceh Yang Wajib Dikunjungi Saat Di Pidie

Selain itu, ia juga menghimbau bagi daerah yang PAD-nya masih rendah agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD tanpa melanggar norma dan hukum yang ada serta tidak memberatkan rakyat.

Lebih lanjut, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan yang bermanfaat dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi, yang kemudian membentuk aglomerasi kegiatan perekonomian dan terhubung antara satu wilayah dengan wilayah lain.

Turut hadir dalam Peringatan Hari Otonomi Darerah ke XXVIII Tahun 2024 ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie, Drs. Samsul Azhar, Jajaran Forkopimda serta seluruh jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Pidie.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Most Popular