Jumat, Juni 14, 2024
BerandaNANGGROEIntip Keindahan Savana Glee Taleuk, Padang Rumput Cantik Rasa Selandia Baru

Intip Keindahan Savana Glee Taleuk, Padang Rumput Cantik Rasa Selandia Baru

Sigli – Mungkin, Glee Taleuk yang terdapat di Gampong Panteun Beunot, Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, tidak asing lagi bagi kalian penggiat Media sosial.

Perbukitan yang memiliki pemandangan yang luar biasa tersebut, kini menjadi lokasi wajib didatangi oleh para wisatawan jika ke Pidie, khususnya para pemburu pemandangan alam.

Jaraknya tak terlalu jauh, berkisar 30 km dari pusat kota Sigli, hanya memerlukan waktu 50-60 menit untuk tracking, kalian dapat melihat langsung padang Savana bak gunung diluar negeri.

Taleuk, diapit langsung oleh gunung Mersèu dan Halimoen, Tangse, walau secara geografis dia berada di Kawasan Tiro. Sebelahnya, juga terdapat padang savanna yang lebih luas dari Taleuk, yakni Glee Sala, pemandangan Sala, jika dilihat dari Taleuk sangalah luar biasa, tapi gunung tersebut lebih jauh dari Taleuk.

Jalur menuju Taleuk juga tidak berbahaya, namun kita harus menelusuri sepanjang Krueng Agam, hingga ke pintu rimbanya, jalur pendakian Taleuk. Tentu saja dari Kota menuju Pintu masuk pendakian, kalian dapat menggunakan sepeda motor, belum dapat dilalui kendaraan roda empat.

Bicara Savana Taleuk, tak ada yang meragukannya lagi, dari segala jenis sudut kita berswafoto, lokasi ini menjadi lokasi idaman pada traveler dan penggiat alam jika ingin berakhir pekan.

Untuk Sunrise dan Sunset di Taleuk juga tak kalah hebatnya dengan tempat lain, apalagi jika kita beruntung mendapatkan suasana paska hujan dengan nuansa kabut kabut pengunungan. Beruntung lagi, kita dapat langsung melihat rusa di padang savana itu, sungguh moment yang luar biasa.

Sementara masyarakat Tiro, meski dikenal dengan kawasan konflik Aceh dulunya, sudah sangat familiar dengan para pendatang atau pengunjung yang ingin mengunjungi Taleuk.

BACA JUGA  Pejabat Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto : Menjaga Kondisi yang Kondusif Pilkada 2024

Disamping warga yang ramah ramah, kalian cukup membayar sekitar Rp10 ribu tiap orangnya, sebagai simaksi pendakian di pos pedesaan (gampong).

Tak hanya Taleuk, dalam perjalanan menuju gampong terakhir, kalian dapat mengunjungi langsung, Masjid dan Pesantren yang dibangun oleh Pahlawan Nasional, Tgk Chik Ditiro. Sehingga perjalanan kalian lebih berarti dan menyenangkan.

Kadisparpora Pidie, Edy Saputra, S.IP., MM., mengatakan, wisata alam taleuk, merupakan salah satu kawasan wisata alam lokal yang sangat dinikmati oleh penggiat alam dan pemuda di Pidie dan Aceh.

“Untuk pengembangan lokasi tersebut, kami masih menunggu komitmen pengelolaan gampong setempat. Kami siap mendukung semua tempat wisata berdasarkan rekomendasi dari gampong,” terangnya.

Secara non infrastuktur, kata Edy, pihaknya sangat mendukung kemajuan wisata Glee Taleuk, dengan memanfaatkan promosi dan publikasi, kerja sama pemerintah dengan stakeholder komunitas penggiat wisata di Pidie.

“Apalagi, klaster wisata Glee Taleuk tersebut, jadi tidak membutuhkan pembangunan yang signifikan, kecuali penataan pengelolaan yang sesuai SOP”, ujar Edy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular