Jumat, Juni 14, 2024
BerandaLINGKUNGANASIKNYA WISATA GOA DI PIDIE - Wisata Alam Yang Wajib Dikunjungi Di...

ASIKNYA WISATA GOA DI PIDIE – Wisata Alam Yang Wajib Dikunjungi Di Pidie


Pidie – Bicara wisata alam di Pidie, seperti ngak ada habisnya, apalagi Kabupaten Emping Melinjo tersebut juga kini sedang mengembangkan potensi wisata para petualangan. Salah satunya wisata Goa atau lebih dikenal dengan Geowisata.

Di Pidie terdapat banyak Goa, baik yang horizontal dan Vertikal. Untuk horizontal yang sangat terkenal dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, yakni Goa Tujoeh, salah stau Goa di Pidie yang memiliki banyak cerita kearifan lokal dan dikenal sebagai Goa keramat oleh masyarakat setempat. Selain itu, jika ke Goa Tujoeh, para traveller langsung dipandu oleh masyarakat setempat.


Untuk goa vertical, yang sering dijelajahi oleh penggiat alam khusus, yakni goa Tok Ara yang terletak di Kecamatan Bate. Memiliki kedalam vertical hingga 14 meter, diharuskan kepada pengunjung wajib didampingi oleh pemandu yang professional.


Asiknya, di kawasan Tok Ara, juga terdapat komplek Goa Horizontal lainnya, jumlahnya saja mencapai 6 Goa. Tentu tidak akan cukup satu hari saja kita berada dilokasi, untuk menelusuri seluruh komplek.


Keasikan lainnya, hampir semua Goa tersebut jarang adanya aktifitas masyarakat,sehingga 70 persen ornamen yang terdapat dalam Goa masih sangat terlindungi.


Akses menuju lokasi juga terbilang sangat terjangkau dan dapat diakses langsung menggunakan kendaraan roda empat. Bayangkan saja, dari Kota Sigli saja, kita cukup menempuh waktu 20 menit saja.

Kadisparpora Pidie, Edy Saputra, pada awak media mengatakan, pihaknya sedang mengembangkan seluruh potensi wisata yang ada di Pidie, tak terkecuali wisata Goa, bagi peminat khusus.


“Bentang alam Pidie itu luar biasa, tentu potensi wisata alam yang telah ada, itu yang kita prioritaskan, kemudian pengembangan SDM masyarakat setempat,” katanya.


Dengan adanya industry wisata, kita menargetkan adanya potensi pengembangan ekonomi terkini dari masyarakat, sehingga dapat menekan angka penganguran dan meningkatkan pendapatan daerah, ungkap Edy.

BACA JUGA  WOW, MASJID ABU BEUREUEH MONUMEN RELIGI BERBALUT SEJARAH DI PIDIE


“khusus Geowisata, wajib menggunakan pemandu professional, selain untuk keselamatan pengunjung, juga untuk menjaga agar tidak adanya pengrusakan dan kerusakan lingkungan, khususnya dalam Goa,” Tutupnya.

RELATED ARTICLES
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular