Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaBLOGDorong Ketahanan Pangan, PJ Bupati Pidie Hadiri Gerakan Penanaman Jagung di Gampong...

Dorong Ketahanan Pangan, PJ Bupati Pidie Hadiri Gerakan Penanaman Jagung di Gampong Krueng Seukuek

Pejabat (PJ) Bupati Pidie Drs. Samsul Azhar menghadiri Kegiatan Gerakan Penanaman Jagung MT. Rendengan dan Pengendalian OPT Tanaman Jagung Tahun 2024, Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, (12/10/2024). di Gampong Krueng Seukuek Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi pertanian jagung, meningkatkan ketahanan pangan, serta memperkuat ekonomi petani di wilayah tersebut.

Gerakan tanam jagung ini melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat, tokoh adat, Dinas Pertanian Kabupaten Pidie serta instansi terkait di tingkat lokal. dan perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Safrijal, SP. MM.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pidie Hasballah dalam sambutanya mengatakan bahwa untuk memajukan pertanian kita ini, ada 4 hal yang harus diperhatikan, yang pertama Pemuda, karena dipemuda ini ada semangat ada pemikiran baru serta ada tenaga, yang kedua Kelembagaan, seperti para kelompok Tani, ini merupakan suatu wadah dalam pembangunan pertanian, kemuda Kepala Desa, yaitu untuk mengaktifkan pertanian di Gampong-gampong, dan terkhir penyuluh, sebagai Motivator orang yang menggerakkan pertanian.

Safrijal, SP. MM. selaku perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh mengatakan bahwa Hari ini pidie menjadi kabupaten menjadi no 1 dalam peningkatan pertanian, kecamatan tangse ini bisa dijadikan sebagai kawasan sentral jagung di kabupaten pidie.

Pj Bupati menegaskan bahwa Dinas Pertanian dan pangan harus bisa meningkatkan produksi-Produksi Pertanian yang ada di Kabupaten Pidie, baik itu berupa Perluasan lahan, atau dengan bertambahnya mesin pertanian atau yang lainnya.

Dirinya juga berharap dengan penananaman jagung tersebut, kebutuhan jagung di kabupaten pidie bisa dimaksimalkan bahkan kebutuhan pada tingkat regional. dengan itu, para petani memiliki pendapatan yang cukup, sehingga mampu melakukan pengendalian inflasi di daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan mendorong tumbuhnya pengolaha dari hasil pertanian di kabupaten Pidie.

BACA JUGA  Kabupaten Pidie - Pemko Sabang Jalin kerjasama Upaya kendalikan inflasi

kemudian dilanjutkan degan penyerahan Paket Bantuan berupa Pestisida, Seperangkat Mesin Pompa Air, dan Bola kaki serta perlengkapannya kepada pemuda Gampong krueng Seukue yang telah bersusah pagah menyukseskan acara ini. yang diserahkan langsung oleh Pj Bupati Pidie. Serta dilanjutakan Penanaman Jagung serentak.

Turut hadir perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Safrijal, SP. MM. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie Ir. Hasballah.,MM. Para TIM TPID Kabupaten Pidie, Camat Tangse, para Koordinator BPSB, Para TIM Labotarium PHP Keumala, Para Tim Penyuluh, Keuchiek Krueng Seukeuk,

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments